Pada bulan Oktober 2009 yang lalu, NASA memberitahukan hasil penelitian mereka tentang penyebab keruntuhan Peradaban Suku Maya. Dengan memakai teknologi ruang angkasa, misteri Legenda Maya yang cerdas kini dapat diungkap.

Seperti yang kita ketahui, Suku Maya adalah suku yang menetap di Amerika Tengah dan antara 250 M sd. 925 M mereka mencapai masa keemasan dengan teknologinya. Keturunan Suku Maya masih ada hingga saat ini, yang telah runtuh adalah peradaban mereka pada masa lampau. Suku Maya terkenal sebagai suku yang memiliki peradaban yang unik dengan tingkat intelektual yang tinggi. Pada zaman batu mereka telah mengenal seni membuat bangunan, kecantikan, cara menanam dan sistem pertanian, juga mengenal tulisan yang disebut dengan glyph. Terdapat kemiripan antara Bahasa Jepang dan Bahasa Maya, kalau anda bisa berbahasa Jepang pasti mengerti sedikit-sedikit Bahasa Maya.

Yang menarik, Suku Maya meninggalkan Candi El Castilo yang mirip dengan Candi Sukuh di Jawa Tengah, hal ini pernah diteliti oleh Prof. Gualberto Alonzo dan dituangkan dalam bukunya yang berjudul “An Overview Of The Mayan World”. Walaupun memiliki peradaban yang sedemikian hebat, akhirnya Peradaban Suku Maya mengalami keruntuhan.

NASA membiayai para peneliti untuk dapat menjelaskan hal ini. Menggunakan teknologi ruang angkasa dengan pencitraan gambar dari satelit, menghasilkan data infra merah untuk mengidentifikasi ratusan kota kuno Suku Maya yang sebelumnya belum kita ketahui. Ini luar biasa, dimana teknologi ruang angkasa dipakai dalam bidang Arkeologi.

Suku Maya menebang hutan hingga gundul untuk membangun kuil-kuil, piramid dan monumen pada masanya. Kemudian terjadi musim kemarau, kurangnya curah hujan menyebabkan persediaan air tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan kota-kota mereka, ditambah lagi dengan menyebarnya wabah penyakit mengakibatkan kota-kota mereka mulai musnah satu-persatu. Diperkirakan juga terjadi perang saudara, ini diperkuat dengan ditemukannya kuburan massal pada beberapa kota Suku Maya. Kelaparan, kehausan, wabah penyakit dan perang saudara akhirnya menjadikan mereka legenda yang menghiasi buku-buku sejarah. Disini terlihat, pentingnya kita menjaga kelestarian alam. Hutan sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kita, bahkan peradaban secerdas Maya mengalami keruntuhan akibat mereka tidak menjaga alamnya. Semoga kita tidak bernasib sama seperti mereka. Kesimpulannya, Suku Maya menyebabkan runtuhnya peradaban mereka sendiri, bukan karena siapa-siapa.

Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/astronomy/1974260-peradaban-suku-maya/

About these ads