Toto Eco-Power Faucet: kran air otomatis yang tidak memerlukan sumber listrik

TOTO yang terkenal dengan produk yang berhubungan dengan kamar mandi baru saja meluncurkan kran air yang ramah lingkungan (Toto Eco-Power Sensor Faucet).

Kran air ini selain bekerja secara otomatis (mengeluarkan air pada saat tangan berada di bawah kran), kran ini juga bisa menghasilkan energi sendiri (tanpa listrik) melalui turbin kecil yang berada di bagian bawah kran.

Turbin ini bekerja pada saat air mulai keluar dan butuh sedikitnya 5 orang sehari yang menggunakan kran ini sehingga baterai isi ulang (rechargeable battery) dapat terus terisi ulang.

Indah dan ramah lingkungan tapi pasti mahal kali, lebih baik kami menggunakan kran air yang dibuka secara manual, lebih murah dan “sehat” bagi kantung kami.

Elettronico faucet: kran air dengan layar sentuh

Satu lagi produk yang memasuki era digital yaitu kran air (faucet).

Elettronico Electronic Faucet adalah kran air yang didisain oleh Frattini yang menggunakan layar sentuh untuk mengontrol banyaknya air yang keluar, suhu air dan lainnya.

Bahkan kran air yang satu ini dapat mengontrol semua kran air yang ada di rumah sehingga pada saat anda pergi, untuk memastikan tidak ada air yang masih keluar, cukup tekan 1 tombol saja. Canggih yah??

Bagaimana kalau lupa menakan tombol tersebut dan ada kran air yang masih terbuka? Tidak masalah, melalui koneksi internet, anda bisa mematikannya di belahan dunia manapun.

Makin canggih aja hidup ini, matiin kran air bisa pake internet.

VADO V-touch Faucet: satu lagi kran air dengan teknologi layar sentuh

Walaupun menurut kami sebuah kran air cukuplah untuk bisa membuka dan menutup air serta tahan lama (tidak cepat rusak) tetapi kami juga tidak bisa menutup mata kami bahwa kran air di masa depan sudah sarat dengan teknologi. :-)

Setelah kami membahas SmartFaucet dan Elettronico faucet, kali ini ada lagi yang namanya V-Touch dari Vado yaitu sebuah kran air digital yang menggunakan layar sentuh untuk pengoperasiannya.

Melalui layar sentuh dan panelnya yang menampilkan angka, kita bisa mengatur untuk membuka tutup kran, besar-kecilnya air yang dikeluarkan sampai suhu air yang diinginkan.

Kita cukup menekan 4 buah titik yang ada di bawah tulisan/ angka untuk mengatur suhu maupun besar-kecilnya air yang keluar.

Belum ada harganya tapi dijamin berharga jutaan rupiah.

Foot Pedal Faucet Controllers: Kran air yang dikontrol melalui kaki (bukan tangan)

Apa tagihan PAM (air) anda “meledak” dan merasa pemakain air anda cukup boros???

Foot Pedal Faucet Controllers adalah alat pengganti kran air yang dikontrol melalui kaki (bukan tangan).

Seperti mungkin yang sering kita lakukan, pada saat misalnya kita menyikat gigi atau mencuci piring, kita sering membiarkan air terus mengalir tanpa digunakan karena memang mungkin kedua tangan kita “sibuk”.

Dengan alat ini, untuk menjalankan air cukup menekan pedal yang ada dan bila ingin mematikannya, cukup melepas pedal yang ada. Tentu dengan cara ini, anda lebih mudah mengontrol air yang keluar.

Pedal ini terdiri dari 2, yaitu satu untuk air panas dan satu untuk air dingin.

Hasilnya?? Walaupun terlihat sedikit repot, dari hasil pengujian yang ada, anda dijamin bisa menghemat air sampai dengan 50%.

Dan bila anda menggunakan air panas, selain air yang bisa dihemat, tentu tagihan PLN ikut “bergabung” dalam program penghematan. :-)


Delta 980T-SSSD-DST: kran air dengan teknologi sentuh

Kemajuan teknologi dalam dunia “plumbing”, khususnya kran air memang semakin tak terbayangkan dan terakhir yang pernah kami bahas yaitu sebuah kran air dengan layar sentuh, Elettronico faucet.

Delta 980T-SSSD-DST memang tidak secanggih Elettronico faucet tetapi mempunyai kemiripan teknologi yaitu menggunakan sentuhan untuk menyalakan air.

Berbeda dengan lainnya, kran air yang satu ini tidak menggunakan layar sentuh melainkan kita bisa menyentuh bagian mana saja dri kran untuk menyalakan/ mamatikan air.

Cukup dengan sentuhan halus, elektronik yang ada akan menyalakan air dan dengan menyentuhnya sekali lagi, air akan mati.

Di webnya juga dikatakan bahwa sistim ini juga dapat menghemat air tetapi kok kami pikir malah sebaliknya karena kran air ini tetap akan mengeluarkan air sampai kita menyentuhnya kembali, berbeda dengan sistim sensor dan timer yang bisa mematikan air dalam hitungan detik.

Yah, setidaknya ini sebuah teknologi yang berbeda dan kalau anda mau, mereka sudah menjualnya dengan harga US$ 434.38 (hampir Rp. 4,5 juta).

Smart Faucet: menghemat air dengan cara cukup murah

Tentu sudah banyak kran air yang menggunakan sensor dengan tujuan untuk menghemat air dengan cara air akan berhenti bila tidak sedang digunakan atau tangan tidak mendekati kran tersebut.

Masalahnya, berapa banyak sih dari kita yang bisa memasang kran air dengan sensor di rumah karena harganya yang pasti mahal, betul engga?

Smart Faucet adalah kran tambahan yang bekerja secara manual tetapi berfungsi hampir sama dengan kran air yang punya sensor.

Dengan bagian gagang kecil yang ada, bila tangan kita menyentuh ke arah dalam gagang tersebut, otomatis air akan keluar dan bila tangan kita menjauh, otomatis air akan stop. Sama kan dengan kran air yang bersensor??

Smart Faucet juga bisa di-set supaya air terus mengalir tetapi tentu saja hal ini akan membuat Smart Faucet tidak berguna.

Fungsinya sama tetapi tentu Smart Faucet jauh lebih murah karena harganya hanya mencapai US$ 39.00 (sekitar hampir Rp. 400.000) dan bisa dipasang di hampir semua jenis dan ukuran kran air standar.

Coba saja hitung berapa banyak air yang terbuang percuma setiap harinya karena kita sering membiarkan air terus mengalir seperti pada saat mencuci tangan atau menyikat gigi.

About these ads