haxims.blogspot.com

Colosseum, sebuah bangunan besar dan bersejarah yang terletak di Roma, Italia. Bangunan ini di bangun pada masa Kaisar Vespasian. Selesai dibangun pada 80 Masehi, mempunyai (kurang lebih) 50.000 tempat duduk penonton untuk menonton berbagai macam pertunjukan…seperti “gladitorial contest” dan “public spectacles”.

Spoiler for Gladiatornya gan…:
haxims.blogspot.com
Ada berbagai jenis gladiator yang penuh dengan armor atau gladiator lapis baja seperti Gallus (dari Galia), Samnite, Thracian (Thrax), Murmillo, Hoplomachus, Secutor, Provocator atau Cataphractarius. Gladiator yang bersenjata ringan, yang mengenakan baju sedikit, lebih mempunyai kebebasan untuk bergerak, seperti Retiarius, Dimachaeri atau Laquerarius.

Spoiler for ada gladiator wanita juga gan!:
Gladiators Wanita Kuno Roma berjuang juga bertempur di arena berdarah, termasuk Colosseum Roma. gladiator Wanita disebut “Amazones” setelah suku prajurit wanita sengit yang sekarang kita sebut sebagai Amazon. gladiator Wanita juga disebut sebagai “gladiatrices”…nih pic-nya:
haxims.blogspot.com
Spoiler for Informasi dan Fakta Tentang Gladiator:
Menarik fakta-fakta dan informasi tentang Gladiator yang berjuang sampai mati di arena Colosseum di Roma Kuno. Fakta dan informasi tentang berbagai jenis Gladiator, senjata, baju besi mereka dan gaya mereka yang berbeda pertempuran. Bagaimana seorang budak hidup, dan mati. Fakta dan informasi tentang sekolah-sekolah gladiator dan bagaimana gladiator mungkin mendapatkan kebebasannya
Spoiler for Senjata:
Nih gan…beberapa senjata yang digunakan gladiator sampe ke tentara roma dulu…

Spoiler for The Ballista atau Scorpion:
haxims.blogspot.com
Ballista ini digunakan sebagai senjata pertahanan. Senjata ini dibuat (kebanyakan) dengan bahan kayu, beratnya kira-kira mencapai (kurang lebih) 100kg
Spoiler for Battering Ram:
haxims.blogspot.com
Battering Ram atau The Aries, terdiri dari sebuah balok besar yang terbuat dari sebuah batang pohon, sekitar seratus kaki panjangnya, pada salah satu ujung yang diikat pemukul dari besi atau perunggu dalam bentuk menyerupai kepala seekor domba atau kepala manusia (mungkin cuma buat hiasan aja kali yah), dan digunakan untuk mendobrak pintu yang sangat besar.
Spoiler for The Helepolis:
haxims.blogspot.com
The Helepolis, sebuah senjata pertahanan berbentuk menara yang menjulang tinggi (tinggi (kurang lebih) 120m dan lebar 63m), The Helepolis dilengkapi banyak senjata-senjata dari yang ringan sampai yang semi berat
Spoiler for Gladius Sword:
haxims.blogspot.com
The Gladius adalah pedang pendek sepanjang 27 inci lurus, pegangan pedangnya tidak terlalu luas. Nama Gladius Sword diambil dari seorang budak yang pernah mengikuti kontes gladiatorial. Para gladiator yang menggunakan gladius adalah mereka yang dipersenjatai dengan tubuh-berpersiai seperti secutor, myrmillo, hoplomachus dan dimacheris.
Spoiler for Pilum:
haxims.blogspot.com
Pilum adalah sebuah tombak sepanjang 2m dengan kepala berbentuk piramida.
Spoiler for Venabulum:
haxims.blogspot.com
Venabulum: Tombak kayu panjang tebal kayu ini memang tipis, tetapi sangat kuat, kepala dengan besi yang bersayap. Digunakan oleh Venotores untuk berburu dan juga oleh Essadari. Nama lain dari senjata jenis ini adalah menaulion yang digunakan oleh prajurit tentara yang kuat di Romawi.
Spoiler for Sebagian rank tentara romawi:
1. Adscripticius – tentara tambahan dari Republik Romawi yang bertugas untuk mengisi tempat-tempat tentara yang telah terbunuh atau dinonaktifkan
2. Aquilifer – pembawa legion elang
3. Armicustos – seorang intendan – bertugas dalam administrasi dan pemasokan senjata
4. Auxiliaries – membentuk korps yang berasal dari non-warga negara roma
5. Ballistarius – sang operator artileri
6. Beneficiarii – mantri, yang melakukan berbagai layanan untuk perwira tinggi militer
7. Cataphractarii – orang bersenjata lengkap dan kavaleri lapis baja dikerahkan di abad 2 masehi
8. Hastiliarius – seorang instruktur senjata
9. Immunes – tentara yang memiliki keterampilan khusus dan yang “kebal” dalam tugas tempur dan seragam, memiliki peran yang lebih spesialis dalam tentara lainnya
10. Scorpionarius – adalah artileri operasi senjata artileri scorpion

sebenernya masi ada banyak lagi, cuma yang menurut ane “keren” cuma 10 ini doang….

Spoiler for Pakaian romawi:
Spoiler for buat yang laki-laki:
haxims.blogspot.com
Spoiler for buat yang perempuan:
haxims.blogspot.com
Spoiler for buat gladiatornya:
haxims.blogspot.com