Sebagaimana kita tahu gan, ilmu pengetahuan telah berkembang pesat dalam beberapa waktu terakhir. Dan karena ada saja hal yang masih menjadi misteri dan menarik perhatian kita, manusia terus berinovasi didalamnya. Daftar ini menjelaskan pencapaian teknologi yang mungkin saja terwujud dalam waktu dekat:

10. Komputer berbasis DNA

DNA adalah substansi yang digunakan organisme hidup untukmenyimpan informasi, dan yang membuatnya unik adalah efisiensinya yang sangat tinggi dalm penyimpanan di ruang yang terbatas. Satu miligram DNA saja diperkirakan dapat menampung seluruh materi-materi tercetak di seluruh dunia. Tapi, ini semua masih berupa wacana umum, dan prototip seperti MAYA-II cuma bisa menunjukkan konsepnya saja. Namun kalau ini terwujud, komputer diperkirakan dapat menyimpan informasi dalam jumlah yang jauh lebih besar daripada sekarang. Mungkin saja di masa depan iPod kita bisa menyimpan beribu-ribu film HD, yang sekarang saja besarnya bergiga-giga.

9. Koloni manusia di bulan

Wacana tentang hal ini sebenarnya sudah lama, dan sangat mungkin diwujudkan. Namun dengan alasan teknis dan ekonomis, selalu tertunda. Rencananya, NASA akan mewujudkannya pada 2024, Eropa pada 2025, dan Jepang serta India pada 2030. Kendalanya adalah dana, banyak pihak berpendapat ini hanya buang-buang uang saja.

8. Transplantasi kepala

Yang satu ini sangat kontroversial. Konsepnya adalah mencangkok kepala pasien dengan badan dari donor, sampai darah bisa tersirkulasi kembali. Secara teoritis, segala penyakit di badan yang dimiliki si pasien akan hilang, karena badannya baru. Kendalanya adalah pada pembaharuan dan koordinasi pada sistem tulang belakang, yang jika diabaikan, akan menjadikan pasien lumpuh. Percobaan ini sudah pernah sukses pada organisme hidup lainnya, misalnya tikus dan marmut. Ide gilanya, kalalu digabungkan dengan konsep kloning, seseorang bisa membunuh kloningnya sendiri hanya untuk melakukan prosedur tersebut.

7. Energi bersih

Sebenarnya teknologinya sudah ada, dan sudah umum kita dengar, seperti angin, gelombang, sel surya dll. Yang kita tunggu adalah penerapannya, dimana hal itu terhalang oleh kebijakan politis negara-negara produsen dan pengguna energi tak terbarukan, serta industri dan korporasi besar yang berbasis bahan bakar fosil.

6. Penyembuhan kanker

Kanker mempunyai banyak jenis, dan banyak diantaranya belum mempunyai obat. Banyak perbedaan tipe-tipe kanker, yang membuat penelitian untuk pengobatannya masih memakan waktu. Masalah ini serius, dan usaha seperti penelitian obat, bahan kimia, penelitian sel batang embrionik, virus yang dimodifikasi secara genetis, dan bahkan penggunaan arsenik, telah direncanakan sebagai bagian prosedur penyembuhan.

5. Misi manusia ke Mars

Rencana ini sebenarnya juga sudah diwacanakan sejak lama. Dan apabila tercapai, akan menjadi pencapaian besar manusia dalam studi angkasa luar. Prosedurnya kurang lebih sama dengan Bulan, namun lebih sulit. Jarak yang ditembpuh ratusan kali lebih jauh, dan atmosfir yang ada disana juga perlu diperhitungkan. NASA sendiri merencanakan hal ini tercapai pada tahun 2030.

4. Elevator angkasa luar

Agan semua ada yang pernah nonton Gundam OO? Konsepnya kira-kira mirip. Pembangunannya tidak sesulit yang dikira, karena titik sentral massa struktur ini ada di orbit bumi gan. Dan rencananya jalur ini disambungkan dengan stasiun luar angkasa yang berada di orbit geostasioner. Perjalanan keluar angkasa akan lebih efisien dengan ini, tidak perlu dorongan propulsi berbahan bakar besar. Kendalanya adalah bahan baku yang harus sangat kuat, seperti isotop dari karbon, dan membutuhkan produksi dalam jumlah besar, dll. Tapi sebuah perusahaan swasta, LifPort Group, telah mewacanakan pembangunannya pada tahun 2031.

3. Teori penyatuan agung(Theory of Everything)

Ini dia yang jadi pencarian utama para fisikawan. Konsepnya adalah penyatuan semua rumus gaya dan daya yang ada di alam semesta kedalam satu postulat. Umumnya, kita percaya pada spekulasi bahwa semua kejadian di semesta ini adalah hasil resultan dari satu gaya utama. namun, saat ini kita masih mendefinisikannya ke dalam empat gaya-gaya fundamen: elektromagnetik, nuklir lemah, nuklir kuat, dan gravitasi. Telah ada satu teori yang menggabungkan elektromagnetik dan nuklir lemah. Namun, direncanakan TOE ini dapat mencakup semuanya.

Calon dari teori ini sudah ada, misalnya teori dawai (strings theory) yang mengkonsep basis dari kejadian, menggabungkan relativitas umum dan mekanika kuantum. TOE ini sendiri diberi nama begitu karena fakta bahwa ia menyatukan seluruh fenomena fisis. Namun begitu, kalaupun teori ini didapat, belum tentu seluruh misteri alam semesta lainnya dapat dipecahkan.

2. Pengobatan skala nano

Nanoteknologi sudah sering kita dengar, namun diharapkan, aplikasi dari teknologi ini dapat disatukan dengan bidang medis. Secara literal, ini tidak ada akhirnya. Molekul-molekul dapat dibuat untuk menghancurkan sel atau substansi tertentu. Atau bahkan robot-robot skala mikroskopis dapat diandalkan untuk melakukan pembedahan dengan ketelitian tinggi, pembenahan sel tubuh, atau untuk memburu penyakit yang disebabkan bakteri atau virus tertentu. Tercapainya hal ini akan menjadi gebrakan besar di dunia medis.

1. Perjalanan ke inti bumi Sejak dahulu diperkirakan bahwa manusia akan mencapai inti bumi terlebih dahulu, sebelum sampai ke bulan (dan menurut ane ini menunjukkan bahwa teknologi sangat sulit diprediksi, siapa sangka kaskus bisa sampai 1,7juta member, lucky Andrew Darwis…). Proses ini sendiri akan sangat sulit, mengingat tekanan dari seluruh dunia ada diatas orang yang melakukannya. Tidak ada substansi yang bisa bertahan dalam tekanan begitu besar, bahkan isotop karbon sekalipun. Sampai sekarang, lubang terdalam yang dibuat manusia baru mencapai 0,2% dari total perjalanan ke inti bumi (salah-salah kayak Lapindo nanti). Interior dari bumi ini sendiri mengandung energi yang hampir tak terhingga banyaknya. Namun tampaknya kita masih harus menunggu waktu lebih lama untukmelakukannya.

http://www.kaskus.us/showthread.php?p=258789651